cara agar lulus ujian nasional

Ujian Nasional akan tibaa,,uuhhh,,,!!! sedikit menakutkan... tetapi tenAAAAng.. bila Anda membaca lalu menjalani tips ampuh di bawah ini, Mental Anda akan meledak, dan lebih tenang dari sebelumnya. karena tips di bawah ini sangatlah mudah, dan telah terbukti ampuh meluluskan peserta ujian nasional, baik dari tingkat SD, SMP,  SMA, maupun Perguran tinggi alias mahadewa,,,eiittsss mahasiswa......maksudnya. Saya telah membuktikannya sendiri saat kelas 2 SMP hingga kelas 3, perubahan drastis terjadi...yang tadinya waktu kelas kelas 1 gag dapat rangking, akhirnya melejit jadi rangking 1, ini kisah nyata.

Nah Dibawah ini adalah tips ampuh, cara efektif, bahkan cara bijak namun cepat  agar memperoleh nilai yang besar dalam ujian nasional.
1. Tegas memilih waktu yang tepat
Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh, baik belajar sendiri maupun di sekolah, dan 2 jam di Sore hari setelah kita istirahat atau tidur siang. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran yang bermodel hafalan. Belajar hafalan itu fleksibel, di mana saja bisa. Bagaimana dengan malam??sayangi tubuh Anda, jadi gag perlu belajar yang terlalu diporsir, ntar stresss.... Anda baru belajar malam bila sore atau pagi harinya tidak belajar (hari libur) atau memang energi Anda masih banyak.
 2. Posisi belajar
Banyak posisi aneh yang terkadang kita tidak menyadarinya, itu tergantung dari tingkat konsentrasi yang dibutuhkan setiap mata pelajaran. jika pelajaran model berhitung atau analisis, maka posisi Anda harus senyaman mungkin, dan tidak duduk dengan gaya yang aneh-aneh yang dapat menguras energi lebih banyak. usahakan hindari belajar dengan cara lesehan. itu akan mengganggu urat tubuh, menguras energi punggung, bahkan menggoda kita untuk berbaring. jadi pakai kursi lengkap dengan mejanya bro... (jika di rumah).
 3. Belajar kelompok dengan kelompok yang Anti ngerumpi
Jangan sekali-kali menerima ajakan teman yang dalam catatan kesehariannya tidak pernah melakukan yang namanya belajar kelompok, karena bisa-bisa Anda akan diajak negrumpi, mulai dari episode sinetron yang tertinggal maupun laga sepak bola yang tertinggal bobo... maka Anda minta ikutlah ke kelompok yang benar-benar belajar, yahh...tentu rekan-rekan yang sama pintar atau lebih pintar dari Anda,,atau minimalnya punya visi dan misi (komitmen) sama dengan Anda. yang jelas yang lebih pintar gampang koq diketahui.... ikuti mereka, sok akrablah gag apa-apa,,, yang penting Anda merendahkan diri, jangan sok pintar apalagi sombong fatal akibatnya. Bagaimana jika belajar rumah pacar, apalagi yang satu kelas (cinlok),,, oww,,ow,,oww,,,,, yang ini nihh,,ane gag nyaranin bosss........... parah..... kecuali komitmen bisa berjalan pada pertemuan ketiga, karena pertemuan pertama dan kedua itu biasanya komitmen belajar ilang, malah pelampiasan kerinduan,,,,syeeehhhhh, katakan pada diri sendiri, Belajar sambil Ngapel itu bohooong,,, Nooooooo!!!,
 4.Gunakan kata atau kalimat singkat untuk menghafal uraian panjang.
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. Terlebih lagi dengan model hafalan, perlu sekali yang namanya bahasa simbol atau kata kunci untuk menyingkat hafalan yang panjang atau yeng memilki urutan-urutan. misalnya dalam menghafal rantai makanan (biologi) cukup menghafal PATILUNG yang artinya padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, dst. sebisanya buatlah dengan kreatifitas Anda sendiri, yang menurut Anda mudah untuk dihafal. cara ini berlaku juga untuk bermcama-macam kelompok formula (rumus-rumus).
 5. Trik ampuh membaca, menghapal, dan memahami
Inilah jantung trik, jantung dari tips-tips yang Ada. Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, atau lebih banyak dari kebiasaan sebelumnya. yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita. Bahkan dahulu saya pernah membaca artikel di majalah intisari yang menyatakan bahwa pelajaran yang kita bahas ulang ketika sampai di rumah (setelah makan siang bagi yang sekolah pagi, dan setelah makan malam bagi yang sekolah sore) yakni pelajaran yang kita terima dari sekolah pada hari itu, akan mempertahankan 50%nya materi selama satu minggu ke depan. Artinya, Anda mesti memepelajari kembali materi yang diperoleh di sekolah pada hari itu, baik pelajaran eksak, maupun non eksak. hal ini akan memberi waktu yang leluasa untuk berinisiatif mempelajari sendiri pelajaran (Bab) baru lebih dahulu, yang sebenarnya baru akan di ajari oleh guru minggu depan, nah ketika tiba pada waktunya guru menerangkan bab yang anda telah pelajari dahulu, akan lebih muda anda serap. seperti saya yang suka nyeletup, namun nyeletup yang membuat guru saluuut doooong, itu karena saya menjalankan tips yang satu ini, untung bukannn....??? bukan nyeletup yang asal omdo, omong doang,, udah salah, bunyinya gede'.,ngotot lagi, parah tuhh. karena bila Anda tidak memperlajari pada hari itu juga, Anda akan kehilangan materi 50%. Parah bukan......??? Ayoo sekarang!! TIDAK ADA KATA BESOK!!
6. Mengahapal untuk memahami.
Jangan Anda hapal sesuatu yang Anda tidak Pahami, terkecuali sudah dipastikan Anda dapat memahami, tentu Anda akan mudah menghapal. hapallah materi dengan modifikasi bahasa yang anda sering gunakan dalam keseharian agar Anda memahami, karena dengan memahami, hapalan itu akan terikat. Jangan terlalu 100% mengahapal kata-kata yang tercatat dalam buku. BAHAYA!! Kecuali kata-kata yang sudah berbentuk baku seperti kata-kata ilmiah dan kalimat-kalimat terjemahan dari kalimat ilmiah dan kitab suci.
 7. Kuasai kisi-kisi

Selayaknya petualang, akan mudah bila dibekali Peta, apalagi Anda yang belajar, peta sangatlah penting, namun peta yang saya maksud adalah kisi-kisi, susunlah kisi-kisi yang berasal dari kurikulum yang telah ditentukan, biasanya ada pada bagian daftar isi atau halaman awal dari buku/modul. mulai menuntaskan pembahasan berdasarkan urutan kisi-kisi,  dari pokok pembahasan awal hingga terkahir. kisi-kisi juga bisa didapatkan melalui internet, maka carilah kisi-kisi yang sesuai dengan tahun kurikulum Anda. 

8. Perioritaskan yang Mudah atas yang sulit.
Bila terhenti pada pembahasan yang menurut Anda sulit, maka langkahilah, lanjutkan pada pembahsanselanjutnya atau yang lebih mudah dan cepat Anda pahami, mengenai pembahasan yang sulit tadi, Anda butuh waktu yang tepat atau energi yang banyak, bahkan membutuhkan pihak kedua,ketiga dst..( guru, teman, dll)

9. Istirahat
Istirahat adalah hal yang sangat penting. semangat boleh, kencang boleh, menggebu-gebu boleh, istirahatnya dong, perlu diperhatikan. tentu dengan rasio 3 : 1/2, artinya dalam waktu belajar 3 jam, setengah jamnya HARUS ISTIRAHAT, jangan malah bermain game, baik PS ataupun game-game yang ada di handphone, itu akan menambah kelelahan pada mata Anda, terlebih lagi kalu Anda kalah dalam game tersebut, bisa-bisa tambah frustasi, mood terganggu... wahhh jangaaannn brooo...(itu  jika Anda belajar di rumah). Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Jika Ngantuk, berhentilah sejenak, biarkan otak bernafas menghirup oksigen, dan otot-otot relaksasi, karena itu haknya. hak untuk istirahat.

10. Komitmen
Nah,, inilah ibu dari langkah Anda, ialah komitmen. tanpa komitmen langkah Anda kosong. Untuk mempertajam komitmen, Anda dapat melakukan perenungan-perenungan dimanapun Anda berada, baik ketika belajar, atau sedang dalam perjalanan, atau lagi makan,,, renugnkanlah Betapa Pahhhhhitnnya bila Anda tidak lulus ujian karena malas belajar, betapa malunya orang tua, bahkan diri Anda bila tidak lulus, Betapa menyesalnya, Betapa cemennya sesosok seperti Anda bila gag mampu dan gag mau berjuangRenungkan itu......!!!
setelah itu,,, kemabali renungkan.... Betapa bahagianya Anda mendengar dan membaca pengumuman lulus untuk Anda, betapa terharunya orang yang tercinta di samping Anda, betapa membanggakan bila Anda masuk dalam 10 Besar, apalagi 5 besar,, apaaaalagiii No satuuuu... wwwwoooooowwww..... bahagianya.....!!!!!! Ayooo kawan,,, semangatttttt,,,,,, Taklukan pelajaran, Masa depan JELAS berpihak padamu........

Salam suksesssssss!!!!!!!


 Selain untuk proses menuju rangking 1, Tips di atas berlaku untuk persiapan UAN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara agar lulus ujian nasional"

Posting Komentar