Cara menganalisa mimpi | JadiBisa.Com

Cara menganalisa mimpi


http://www.jadibisa.com
Mimpi adalah bagian penting dari psikoanalisis. Penulis buku dan psikoanalis Gisèle Chaboudez adalah salah satu ahli memaknai mimpi menggunakan metode Freud and Lacan. Ia mengungkap cara menerjemahkan makna yang tersembunyi dalam mimpi kita.


Doctissimo: Mengapa kita bermimpi?
Gisèle Chaboudez: Freud adalah orang pertama yang mencoba menjawab pertanyaan ini dengan mengembangkan teori bahwa mimpi adalah “penjaga tidur”. Dia berpendapat, mimpi menggambarkan keinginan bawah sadar Anda selama tidur dan mencegah Anda sering terbangun dan meredakan ketegangan batin yang diciptakan oleh keinginan.

Teori ini ditentang oleh ahli saraf tidur pada tahun 1950, ketika ditemukan bahwa mimpi yang dihasilkan selama jenis tidur tertentu yang disebut paradoks atau REM (rapid eye movement). Jenis tidur tersebut datang dengan siklus pada malam hari. Ia kemudian menyimpulkan, mimpi juga memiliki siklus dan isi dari mimpi tidaklah relevan. Tujuan mimpi, bagaimanapun, tetap menjadi misteri.

Kemudian percobaan pada hewan memberikan bukti, tidur dengan periode REM yang lebih lama setelah mengalami stres ternyata mengurangi kecemasan. Dalam kasus ini, fisiologi tubuh tampaknya mendukung teori Freud bahwa mimpi memiliki peran protektif. Psikoanalisis Lacanian mengambil teori ini lebih lanjut. Lacan menggambarkan mimpi sebagai “enkripsi” atau kode berdasarkan kesenangan, tapi kesenangan terbatas.

Mereka mentransfer dan menaklukkan keinginan lebih berbahaya, sehingga mimpi membantu kita mendapatkan tidur malam yang baik, tetapi dalam arti yang lebih umum — mereka mencegah Anda menghadapi trauma yang nyata.


Apakah impian kita berkembang dengan masyarakat?
Menurut definisi mereka, mimpi mencerminkan konteks keinginan si pemimpi. Secara spesifik, sesuatu yang berbeda dengan apa yang harus dihadapi individu tersebut dalam hidupnya. “Hal lain” itu sangat bervariasi, dan masih mengandung sejumlah karakteristik berulang dan simbol.


Apakah mungkin untuk menafsirkan mimpi secara akurat?
Menafsirkan mimpi sangat dimungkinkan. Anda hanya perlu sedikit pelatihan sehingga Anda dapat memahami bagaimana mimpi bekerja. Anda tidak bisa benar-benar menafsirkan mimpi Anda sendiri kecuali dalam keadaan tertentu. Lebih mudah untuk menafsirkan mimpi sebagai bagian dari psikoanalisis, karena memecahkan kode mimpi merupakan inti proses ini. Alam bawah sadar terungkap paling jelas dalam mimpi Anda, sehingga Anda dapat belajar untuk menggunakannya sebagai alat.

Kamus mimpi didasarkan pada gagasan bahwa mimpi berisi simbol yang umum bagi kita semua dan Anda hanya perlu memahaminya. Ini adalah pengertian dari mimpi itu sendiri. Setiap orang, dan bahkan setiap mimpi individu, memiliki sejumlah simbol unik yang hanya dapat diuraikan menggunakan pikiran sadar si pemimpi. Ada beberapa simbol yang terjadi dalam mimpi semua orang, tetapi mereka jarang menentukan faktor dalam interpretasi mimpi itu.


Anda lebih condong kepada teori Lacanian dalam pekerjaan Anda. Apa perbedaannya dari Freud?
Pendekatan Lacan pada dasarnya mirip dengan buku terkenal Freud “The Interpretation of Dreams”. Ketika Lacan mempelajari mimpi pada 1950-an, psikoanalisis tampaknya telah melampaui ide yang disajikan Freud dalam karyanya. Mimpi itu merupakan gambar potongan memori dan bahasa yang menciptakan fantasi, simbol dan representasi dari naluri. Pendekatan Lacanian menelitinya lebih lanjut, serta memperlakukan mimpi sebagai pesan berkode. Teori Lacan meliputi ide lain dalam keinginan pemimpi, yang pernah disinggung Freud. Pendekatan Lacan menunjukkan bagaimana perkembangan mimpi yang berlabuh dalam simbol-simbol seks tanpa pernah cukup mewakili seks itu sendiri.


Apa pendapat Anda tentang firasat dalam mimpi?
Gisèle Chaboudez: Saya pikir pendapat tentang hal ini tidak banyak berubah sejak Freud. Tidak ada dasar bagi ide bahwa ada firasat dalam mimpi dan bahwa mimpi dapat memprediksi apa yang akan terjadi. Mimpi tidak melihat apa-apa. Antisipasi seseorang atau ketidaksabaran tentang peristiwa bahagia atau tidak bahagia mungkin diwakili dalam mimpi individu. Ketika keinginan cukup kuat, besar kesempatan hal itu akan benar-benar terjadi dan mimpi itu akan tampak seperti prediksi. Jika individu berharap untuk memiliki mimpi yang memberi pertanda, itu biasanya karena mereka ingin bebas dari tanggung jawab mengendalikan nasib sendiri.


Apakah mimpi buruk memiliki arti khusus?
Gisèle Chaboudez: Mimpi buruk menandakan hal yang sama seperti jenis lain dari mimpi, kecuali untuk fakta bahwa mereka mewakili kegagalan. Mimpi bekerja atas setiap pengalaman traumatis secara sedemikian rupa hingga satu titik ketika trauma terlalu banyak dan diwakili dalam mimpi, kita terbangun. Hal ini bisa terjadi, Lacan menunjukkan hal itu sehingga pikiran dapat terus bermimpi dan karena itu menjauhkan pemimpi dari pengalaman nyata, yang tiba-tiba diwakili dalam mimpi. Mimpi buruk benar-benar dapat mengajari kita banyak hal, dan menunjukkan hal-hal negatif seperti kegagalan. Kegunaannya adalah mimpi yang akan menunjukkan hasil yang tidak diinginkan.


Dapatkah Anda menjelaskan fenomena mimpi berulang-ulang?
Ketika mimpi berulang, itu berarti Anda disibukkan oleh pertanyaan penting yang belum terjawab. Mimpi mengembangkan solusi untuk hambatan di jalan keinginan hati kita. Ketika mimpi tidak bisa melepaskan sesuatu dari masa lalu, hal itu akan diulang. Sebuah mimpi yang sering berulang akan kehilangan interpretasi selama psikoanalisis, karena akan terjadi begitu sering, hingga pasien mungkin tidak memberitahu analis tentang hal itu. Ini berarti pasien tidak akan memiliki pemahaman yang cukup tentang apa arti mimpi.


Apakah mimpi erotis adalah tanda bahwa hubungan Anda tidak baik?
Anda hampir bisa mengatakan bahwa setiap mimpi erotis merupakan tanda bahwa ada masalah dalam hubungan Anda, tetapi dalam arti bahwa hubungan manusia memang selalu terkait dengan masalah. Pikiran bawah sadar memperlakukan masalah ini terus-menerus, dan bukan hanya mimpi erotis yang dihasilkan dari ini. Mimpi umumnya berakar dalam seks — tidak hanya dalam arti tindakan fisik itu sendiri, tetapi juga dalam hubungan Anda dengan orang lain. Mimpi terus mencoba untuk mengembangkan apa artinya menjadi pasangan tanpa pernah mampu untuk melambangkan itu.


Apakah mimpi anak-anak memiliki arti yang sama dengan orang dewasa ?
Mimpi orang dewasa memiliki struktur yang sama, dan mimpi anak-anak pun biasanya serumit orang dewasa.

Sumber : http://id.she.yahoo.com

Subscribe to receive free email updates: