Cara Mengembalikan gallery android yang hilang

loading...
cara mengembalikan gallery android yang hilangBerawal dari masalah ketika ingin mengubah foto profil whatsapp milik saya, apalagi foto yang saya inginkan itu berada dalam gallery bawaan android yang hilang. saya sempat bingung, karena system menolaknya dengan keterangan not available image. Itu artinya gallery tidak berfungsi dan tidak tersambung dengan system replace image yang ada di whatsapp.

Ini berlaku juga untuk foto profil BBM for android yang baru saja saya download dan saya install. Beberapa hari sempat tak menghiraukannya lagi, sehingga foto profil whatsapp selalu saya gantikan dengan foto yang di take saat itu juga.


Rencananya ingin instal ulang android, atau kembali ke pengaturan pabrik ( reset factory), bahkan juga ingin membawa ke counter Service Center. Namun saya rasa di google ada solusinya.

Kemana-mana saya cari tutorial menggantikan foto profil whatsapp melalui gallery, semua yang saya temukan adalah hal yang sudah saya ketahui. Bahkan tidak menemukan jawaban yang memuaskan. Jadi sempat bosan dengan whatsapp sendiri.

Untung saja rasa penasaran terus ada, sehingga pikiran, mata dan jari saya masih punya tenaga untuk mengobrak abrik settingan android, hingga settingan yang tidak penting saya disablekan atau kembalikan ke default aja, biar hemat baterai android saya.

Saat "obrak abrik" itulah saya menemukan solusinya. Ternyata, letak permasalahannya adalah di settingan di aplikasi AppMgr yang ketika tulisan ini dibuat, saya pakai AppMgr III untuk android Advan T1-B. Teringat, bahwa ternyata beberapa bulan yang lalu saya mengubah status beberapa aplikasi di dalam daftar AppMgr aplikasi Manager, termasuk "Gallery" bawaan android menjadi hidden, yang artinya tersembunyi.




Fitur ini berfungsi untuk menyimpan sementara aplikasi agar tidak muncul dipermukaan. Cocok untuk Anda yang kwatir ketika Hp android Anda sedang dipegang anak kecil yang rentan "mencet-mencet".

Maka, segeralah saya mencoba mengubahnya menjadi enable. Ternyata benar, aplikasi gallery bisa dibuka, dan foto profil whatsapp pun bisa ganti begitu juga foto profil bbm yang ada di android saya.
Bagi yang mau download AppMgrIII silahkan klik di sini

Ada banyak macam aplikasi manager. AppMgrIII adalah salah satunya. Bisa saja Anda sedang tidak menggunakan AppMgrIII, namun secara fitur mungkin bisa sama. Jadi, bila Anda memiliki permasalahan yang sama dengan saya, cobalah memeriksa status aplikasi dalam aplikasi manager Anda. Jika memang aplikasi Gallery telah masuk dalam daftar Hidden, maka ubahlah menjadi enable.

Solusi Alternatif ketika Gallery Andorid hilang | Apabila memang masalah bukan karena Aplikasi Manager.


Selain karena settingan manager aplikasi. Gallery bisa saja hilang karena memang benar-benar terhapus. Tidak menutup kemungkinan terhapus ketika Hp android Anda berada di tangan anak kecil. Jika memang terjadi demikian, Anda bisa download Aplikasi Gallery lainnya. Namun, Anda harus sedikit ihklas terhadap iklan yang muncul.

Jika tidak mau download ulang, dan Ingin Mengembalikan Gallery Bawaan saja.

Maka, cobalah Anda membersihkan cache aplikasi Anda. Bisa manual satu persatu di semua aplikasi. Dimulai dari aplikasi yang paling sering digunakan. Atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti Clean Master, Ccleaner dan lain-lain.

Bahkan, Jika Anda juga memakai AppMgrIII. Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi ke tiga. Karena melalui AppMgrIII, Anda bisa menggunakan fitur 1Tap Cleaner untuk membersihkan cache.


Coba ingat Aplikasi yang terakhir di Install

Kadang ada aplikasi tertentu yang menyebabkan Crash. Hal ini menjadikan beberapa aplikasi sebelumnya terganggu bahkan hilang. Coba diingat-ingat aplikasi mana yang baru-baru ini Anda pasang di hp Android Anda. Lalu, Uinstall sementara, karena Bisa jadi aplikasi tersebut menyebabkan aplikasi android Anda, khususnya Gallery menjadi Crash hilang, atau error dengan tulisan "Sayangnya, Aplikasi telah berhenti".


Solusi Terkahir


Agak menyedihkan memang, ketika semua cara telah dilakukan, namun mungkin belum cocok, karena penyebab yang tidak bisa terdeteksi di dalam perangkat. Langkah terakhir adalah mengembalikan ke settingan pabrik atau reset Factory. Tapi sebelum melakukan reset Factory, amankan dulu file penting dan nomor kontak Anda di perangkat atau kartu yang lain. Untuk omor kontak, bisa Anda syncron dengan email. 

Asalkan, Anda masih ingat password email gmail yang sedang Anda gunakan sekarang. Ketika factory reset selesai, Anda bisa menggunakan email tersebut, dan mengimport contact, terkadang contact ini otomatis syncron sendiri.



Jika tidak mengimport, nomor kontak yang pernah tersimpan otomatis di email, akan terlihat otomatis, selama tersambung dengan data internet. Jadi, ketika nomor kontak Anda tiba-tiba banyak yang hilang, bisa saja itu nomor yang pernah tersimpan di email. Mak periksalah paket data Anda, mungkin habis :).

Sementara file dan foto, amankan di MicroSD. Jika penuh, Anda bisa amankan/ upload ke Google Drive.

Demikian pembahasan mengenai cara mengembalikan apliaksi anfroid khsusnya aplikasi Gallery yang hilang. Jika Anda punya solusi lain, mohon sekiranya membagikannya dalam kotak komentar di bawah ini.

Terimaksih.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengembalikan gallery android yang hilang"

Posting Komentar