Cara mencegah dan mengatasi banjir

Jakarta saat ini menjadi ikon media yang selalu dibesar-besakan dalam hal banjir dan macet. Namun kali ini penulis tidak membahas mengenai macet karena penyebab dan solusi begitu terang didepan mata, hanya saja tinggal kebijakan pemerintahnya yang menentukan bagaimana mengatur lalulintas yang baik dan benar, namun tidak dengan banjir. Untuk menemukan solusi mencegah dan mengatasi datangnya banjir itu begitu kompleks, tidak cukup hanya pemerintah yang mengaturnya, karena ini upaya mencegah banjir ini berawal dari kesadaran masing individu untuk menjaga lingkungan. individu yang melakukan hal yang sama tentu akan terlihat sebagai kelompok sekaligus peneyebab terjadinya banjir.
Tips untuk mencegah banjir agar dapat mengantisipasi datangnya banjir yang baik dan benar adalah:
cara mengantisipasi datangnya banjir

1. Menanam pohon sebanyak-banyaknya
2. Tidak membuang sampah di kali, laut danau ataupun di tempat sembarangan.
3. Tidak menambah pembangunan berbabahan beton di tempat atau tanah resapan air.
4. Memperluas waduk atau pembuangan terakhir aliran air
5. mengeruk sungai dan menambah tanggul anti air

tips ini tidak saja hanya berlaku di daerah Jakarta, tetapi bisa digunakan untuk semua daerah yang ada di Indonesia ini, agar dapat mencegah dan mengatasi terjadinya bencana banjir, baik banjir bandang, banjir kanal, banjir hujan, ataupun banjir bah, yang merupakan salah satu bencana nasional yang melanda di negeri ini, disamping masalah korupsi dan sebagainya.

nah, bila tiap individu sadar untuk melakaukan paling tidak satu saja dari 5 tips mencegah banjir di atas, tebty akan mengurangi peluang terjadinya banjir, terlebih lagi bila dilakukan secara berkelompok dan menyeluruh maka, banjir tidak akan menjadi momok yang mengganggu aktivitas keseharian kita dan kitapun senantiasa bisa mengantsipasi datangnya banjir, maka mulai untuk sama-sama memikirkan upaya penanggulanan banjir seperti yang telah dijelaskan di atas.

Anda telah mebaca artikel tentang tips, upaya, dan cara mencegah banjir, Anda boleh menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan menyertakan link yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mencegah dan mengatasi banjir"

Posting Komentar