Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik | JadiBisa.Com

Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik

Pemimpin, ialah yang berada di depan untuk menuntun siapa saja, baik individu maupun kelompok untuk melakukan hal yang sama untuk kebutuhan bersama. Di semua bidang, dibutuhkan seorang pemimpin. bukan hanya dalam bidang kepemerintahan, bisnis, maupun dalam rumah tangga, sifat seorang pemimpin itu sangat menentukan baik buruknya suatu perjalan hidup di dalamnya.

Menjadi seorang pemimpin, dibutuhkan pengalaman sosial yang tinggi, trial and erro-nya kehidupan, dan paling tidak dalam hidupnya pernah ada suatu pencapaian keberhasilan dalam bidang tertentu, yang merupakan gambaran ia pernah memimpin minimal memimpin dirinya sendiri dengan baik.

pemimpin yang baik

Ciri ciri pemimpin:
  • Memiliki teman yang berkualitas, bukan hanya kuantitas.
  • Tidak terlibat perseteruan yang hebat, dan menjadi pihak bersalah dalam keluarga sendiri.
  • Cepat dan mudah dikenal dengan baik, baik ucapan, tingkah laku, maupun nama.
  • Sangat mudah dihubungi saat waktu yang tepat.
  • Tidak pernah ingkar janji.
  • Ucapan lebih banyak mendapat pembenaran, masuk akal dan bijak.
  • Tidak terlihat terlalu memilih dalam berkawan, tapi ia bisa memilah mana berkualitas-bukan hanya kepribadian tapi juga kadang materi-untuk ditempatkan pada sisi dan waktu berkomunikasi yang tepat. Tidak membedakan satu sama lain selama adlam hal mencapai tujuan bersama.
  • Senantiasa mengajak orang-orang disekitarnya untuk berpikir dengan tenang.
  • Sikap seorang pemimpin terlihat egois dengan apa yang namanya keputusan, tapi pandai mengakhiri kekesalan menjadi kerinduan.
  • Marah dan memaafkan, tegas dan toleransi; pada tempatnya.
  • Bertindak menggunakan skala perioritas dan perhitungan matang.
  • Berani dan jujur dan betanggung jawab dalam mengambil keputusan.

Pemimpin yang baik, ideal dan tepat tentu memiliki ciri-ciri pemimpin diatas. Perlu kita ketahui agar dapat dikenali, karena bila terlambat mengenali sifat dan ciri-ciri seorang pemimpin disekitar kita, maka tidak akan berakhir kebingungan dalam suatu masalah. Penting untuk mengenali agar kita segera menentukan suara siapa yang berhak kita dengaa untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam rumah tangga tentu tidak perlu diperdebatkan lagi, bahwasanya pemimpin ialah suami yang memiliki tugas untuk menuntun keluarga kearah yang lebih baik, bila tidak ada maka istri atau selanjutnya anak lelaki yang berusia dewasa.

Dalam keperintahan, pemimpin tentu yang terpilih, Baik itu Presiden, Menteri, Ketua DPR, Ketua Majelis, Organisasi maupun  LSM, yang memiliki tugas seotang pemimpin untuk membawa jajaran organisasi dan fungsinya kearah yang pembangunan yang merata.

Bila pemimpin saat ini kurang memuaskan, maka bersabarlah mungkin saat pemilihan, komunitas Anda belum memahami ciri-ciri yang dijelaskan diatas,  maka untuk menentukan pemimpin berikutnya, kita setidaknya telah mengetahui ciri-cirinya, dan untuk Anda wanita, jangan salah pilih suami, lihat pasangan Anda sekarang, adakah ciri-ciri kepemipinan dalam dirinya? Anda yang lebih tahu.

Sumber: Perjalanan hidup

(Baca juga: Makalah tentang kepemimpinan)

Anda telah mebaca artikel tentang ciri-ciri seorang pemimpin , Anda boleh menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan menyertakan link yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik"

Posting Komentar