16 kekeliruan dalam merawat kulit

Ahli perawatan kulit Jill Zander, yang juga sekaligus pendiri Jill Zander Skin Rejuvenation Clinic, baru-baru ini telah memberikan catatan tentang kekeliruan dalam merawat kulit dan solusinya. Catatan ini dibuat agar Anda dapat merawat kulit dengan baik dan benar. Telah dilansir Female First, Adapun kekeliruan tersebut adalah:

cara merawat kulit dengan benar

1. Menggunakan pelembab berlebihan.
Efek terlalu banyak dalam menggunakan pelembab adalah bisa membuat kulit Anda terlalu kering atau bahkan terlalu berminyak. Pelembab seharusnya cukup mengandung pelindung dari sinar matahari (SPF), begitu juga untuk krim malam semestinya hanya berada di atas permukaan kulit saat malam saja. Terlalu sering mengoleskan pelembap di sekitar mata terlebih lagi secara tidak merata. menyebabkan penyumbatan yang memunculkan bintik-bintik putih. Hal ini karena kulit disekitar mata itu sangat tipis.

2. Pengelupasan kulit berlebihan
Pengelupasan berlebihan dapat menimbulkan kulit kemerahan dan iritasi serta membuat kulit berminyak. Biasanya justru karena terlalu banyak menggunakan scrub yang berfungsi mengangkat sel mati. Cara terbaik untuk mengangkat kulit mati, yakni dengan melakukan pengupas nonabrasif yang menggunakan AHA, BHA, dan asam buah. Ini dapat membantu mencegah kulit sensitif terlalu banyak mengelupas. Untuk kulit normal ke berminyak, pengelupasan hanya perlu dilakukan dua kali seminggu.

3. Terburu-buru menggunakan serum
Bagi yang menggunakan serum pada kulit, penting untuk membiarkannya meresap dan mengering dengan baik sebelum Anda selanjutnya menggunakan pelembap. Begitu sebaliknya, serum yang pekat akan diencerkan dengan pelembap. Hal ini berarti kulit Anda sama sekali tidak menuai semua manfaat dari serum.

4. Menggunakan Krim anti-penuaan sebelum waktunya
Sayang sekali bila Anda masih usia 20an sudah menggunakan krim anti penuaan, padahal itu belum waktunya. Efek penggunaan krim anti penuaan sangat menakutkan bila terburu-buru digunakan sebelum waktunya. Tipsnya, Gunakanlah anti penuaan bila memang  tanda-tanda penuaan sudah mulai muncul. Jika Anda menggunakan bahan-bahan anti-penuaan sebelum kulit Anda membutuhkan, maka tentu ini justru akan  merugikan kulit Anda sendiri

Misalnya, untuk studi kasus dalam penggunaan retinol untuk anti-penuaan kulit. Jika digunakan sebelum dibutuhkan, atau digunakan dalam konsentrasi terlalu tinggi, kulit benar-benar akan terkelupas. Ini sama saja dengan pengelupasan kulit. Jika Anda menggunakannya terlalu dini, terlalu sering atau terlalu kuat, maka kulit dapat menjadi sangat rapuh dan tipis.

5. Menggunakan retinol tanpa membiarkan kulit menyesuaikan diri
Menggunakan Retinol terbukti dapat meningkatkan kecerahan dan tekstur kulit, anti-pigmentasi dan mengobati jerawat. Ketika mulai menggunakan produk retinol, kulit memerlukan penyesuaian diri secara bertahap, karena vitamin A (retinol) dapat mengiritasi kulit, sekitar tiga hari hingga dua minggu. Retinol hanya digunakan pada malam hari untuk meminimalkan sensitivitas cahaya. Pastikan Anda tidak menggunakan produk dengan konsentrasi retinol yang terlalu tinggi jika Anda berusia muda.

6. Masker wajah yang keliru
Sama halnya dengan pelembap, pilihlah masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Misalnya, masker untuk kulit berminyak, kulit berjerawat adalah yang mengandung asam salisilat, karena asam salisilat akan menyebabkan kulit normal-kering mengelupas. Jika kulit Anda membutuhkan kelembapan, pilihlah yang mengandung asam hialuronat atau vitamin E.

7. Melupakan SPF
Baik Hujan atau cerah, memakai SPF itu tetap perlu pada siang hari karena radiasi matahari adalah penyebab terbesar kulit keriput. ada baiknya memakai pelembap harian yang mengandung SPF.

8. Menggunakan tisu wajah
Beberapa tisu wajah mengandung bahan kimia dan alkohol kadar tinggi yang dapat mengeringkan kulit bagian luar. Ketika menggosok kuat-kuat pada kulit, khususnya di sekitar area mata yang halus, tisu dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan. Nah lho...

9. Tidur dengan riasan
Tidur dengan riasan dapat menyebabkan jerawat dan pembesaran pori-pori. Saat kita tidur di malam hari, kulit melakukan perbaikan diri, maka inilah waktu kunci untuk memberi kulit Anda produk perawatan kulit bergizi.

10-16 Lanjut baca di sini.

Anda telah mebaca artikel tentang 16 kekeliruan dalam merawat kulit , Anda boleh menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan menyertakan link yang ada.

Subscribe to receive free email updates: