Manfaat minum susu saat hamil

Jadibisa.com- Sebagai wanita hamil yang cerdas dan perhatian terhadap nutrisi ibu hamil, kesehatan kandungan dan kebugaran anak setelah melahirkan nanti, sangat perlu untuk memperhatikan manfaat dari kebiasaan baik ini, yakni minum susu saat hamil. Bukan hanya bermanfaat untuk calon bayi, manfaat minum susu saat hamil juga berpengaruh baik terhadap kesehatan si Ibu itu sendiri.

manfaat minum susu saat hamil

Haruskah minum susu saat hamil? lebih rinci akan dikupas tuntas dalam artikel ini bagaimana pentingnya minum susu saat hamil. Adapun manfaat minum susu saat hamil adalah:

Kebaikan untuk tubuh dan otak

Susu mengandung banyak nutrisi bagi ibu hamil yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta otak. Kandungan kalsium yang tinggi, protein, serta vitamin di dalamnya sangat penting untuk menunjang gizi ibu hamil dan perkembangan janin yang dikandung.


Memenuhi kebutuhan Kalsium

Jika kekurangan kalsium, paling tidak 1000mg perhari, maka akan memberikan dampak yang besar untuk perkembangan dan kesehatan buah hati Anda. Dengan kalsium yang ada di dalam susu saat hamil, berfungsi untuk membentuk tulang dan gigi bayi, mempersiapkan asi, menjaga kuantitas kalsium itu sendiri, karena bila wanita hamil tidak mengkonsumsi kalsium, maka bayi yang ada dalam kandungan akan mengambil kebutuhan kalsium dari tubuh ibunya sendiri yg dapat menyebabkan ibu rentan terhadap osteoporosis, membantu proses pembekuan darah, bila terjadi luka atau cedera.


Mencukupi kebutuhan protein

Kekurangan proteinnya wanita saat hamil dapat menyebabkan penurunan berat badan janin yang dikandungi.  Minimal kebutuhan perhari adalah 60mg. Bila tercukupi maka akan membangun dan memperbaiki jaringan tubuh wanita hamil dan calon bayi yang dikandung, mulai otot, tulang, mata kulit jantung dan hati, membantu pembentukan darah, produksi cairan ketuban yang baik dan keutuhan plasenta. Selain itu kebaikan protein yang di dapat ketika minum susu saat kehamilan adalah terbentuknya antibodi yang berperan melawan penyakit,  untuk menguatkan rahim, melancarkan sirkulasi darah serta menyehatkan payudara.


Sumber vitamin D yang luar biasa.

Susu merupakan minuman ibu hamil yang tepat untuk merasakan manfaat vitamin D sekitar 59%. Percuma banyak kalsium bila kurang vitamin D, karena vitamin D berperan dalam membantu penyerapan kalsium itu sendiri dalam darah untuk pembentukan tulang dan jaringan sel bayi. Selain itu manfaat vitamin D adalah mencegah rakhitis neonatal dan berat bayi yang rendah. Sebagai tambahan selain bersumber sari susu, vitamin D juga terdapat pada ikan tuna, kuning telur, ikan tuna, sinar matahari pagi kurang lebih 10-15 menit sekitar jam 7.00 hingga pukul 9.00 (pagi).


Meredakan mual

Beberapa protein di dalam susu dapat mencegah maag, dan mual. Di samping memang rasa dari beberapa produk susu di pasaran menarik hasrat, seperti susu kedelai, susu kambing, susu sapi dan susu formula pada umumnya.

Menghidrasi tubuh

Cairan yang berasal dari susu sangat baik diserap tubuh, sehingga dapat mencegah dehidrasi tubuh, bahkan justru dapat tubuh menjadi hidrasi, dimana ada keseimbangan kandungan cairan di dalam tubuh, hal ini dapat menghindari tubuh dari gangguan kekurangan cairan tubuh saat hamil.


Susu juga mengandung zat besi berfungsi

- membentuk sel darah merah untuk ibu dan bayi untuk mencegah anemia
- kebutuhan zat besi 30-60 mg
- sumber selain susu: daging (sapi, ayam, ikan), kacang-kacangan, tiram
Susu juga mengandung vit A berfungsi:
- membantu pembentukan tulang dan jaringan dalam bayi (gigi, rambut, kuku,penglihatan)
- membentuk enemel pada gusi
- membentuk pertahanan terhadap infeksi
- kebutuhan vit A 5000 IU
- sumber selain susu : buah-buahan, sayuran, kuning telur, mentega

Ada sebuah kutipan yang mengarah betapa bermanfaatnya minum susu saat kehamilan yakni menunjang kebutuhan nutrisi dari susu untuk wanita hamil

Mengutip laman Daily Mail, penelitian ini memperhatikan tinggi dari 809 bayi yang lahir pada akhir tahun 1980-an di Jerman. Beranjak remaja, tinggi mereka kembali diukur dengan seksama. Para peneliti kemudian mengaitkan dengan berapa banyak susu yang dikonsumsi ibu mereka selama hamil. 
Hasilnya menunjukkan, wanita yang mengonsumsi seperempat liter susu setiap harinya selama hamil, memiliki anak yang lebih tinggi saat remaja. Anak-anak itu juga memiliki tingkat insulin yang lebih tinggi dalam aliran darahnya, sehingga mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua.
“Ibu yang mengonsumsi susu selama hamil, berefek pada pertumbuhan janin yang baik. Selain berat dan panjang saat lahir, efek susu juga terlihat hingga anak mencapai usia dewasa,” tulis sebuah laporan yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition.
Ahli gizi asal Irlandia, Denmark, dan Amerika Serikat sudah mengakui manfaat susu tak hanya dapat dirasakan orang yang meminumnya. Bagi bayi, manfaat itu dimulai dari tahap awal kehidupan dan terus diperpanjang hingga tahun-tahun berikutnya.
Para ilmuwan Inggris juga menyebutkan, susu yang kaya akan yodium dapat membantu meningkatkan IQ bayi. Penelitian sudah dilakukan untuk itu. Mereka menemukan, wanita hamil yang konsumsi yodiumnya rendah akan memiliki anak dengan IQ rendah pula.
Konsumsi yodium itu berpengaruh pula pada kemampuan membaca. Alasannya, kandungan yodium pada susu sangat penting untuk memproduksi hormon dalam kelenjar tiroid. Hormon itu memiliki efek langsung terhadap perkembangan otak janin

Anda telah mebaca artikel tentang manfaat minum susu saat hamil, Anda boleh menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan menyertakan link yang ada.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat minum susu saat hamil"

Posting Komentar