Cara komplain barang rusak di tokopedia | JadiBisa.Com

Cara komplain barang rusak di tokopedia




Pengalaman saya berbelanja di tokopedia rasanya memang sudah asem-asem manis. Kadang mendapati barang yang normal dan mulus sesuai deskripsi bahkan pernah juga mendapati barang yang second dan tidak berfungsi, namun untung saja saya masih sigap dan paham untuk menyelamatkan uang saya di tokopedia melalui pusat resolusi.

Pusat resolusi adalah fitur tokopedia untuk meminta agar uang  kita kembali lagi dalam bentuk saldo akun tokopedia kita, dan nantinya saldo tersebut dapat dicairkan atau diguanakan kembali untuk berbelanja di tokopedia itu sendiri. Cara meminta agar uang kita dikembalikan karena barang yang kita pesan  tidak sesuai iklan atau barang yang dikirimkan ternyata rusak dan tidak berfungsi adalah dengan cara memilih option "Komplain".

Tombol  Komplain otomatis muncul bersamaa dengan tombol "Sudah Terima" ketika pihak JNE/Pos telah mengimput data status  barang kita yang telah kita terima dari kurir JNE/Pos atau kurir ekpedisi yang lain.


dan kalau barang sudah diterima namun tombol komplain belum muncul, itu dikarenakan pihak JNE belum mengimput data mereka, atau pihak penjual ternyata belum memasukan resi sejak hari pengiriman maka akan ada tampilan seperti di bawah ini:






Apabila barang yang kita terima ternyata rusak, maka jangan sekali-kali menekan tombol "Selesai" karena bila menekan tombol Selesai, maka kita tidak dapat melakukan komplain terhadap barang rusak yang kita terima, dan uang kita tidak dapat diambil, dan otomatis menjadi hak penjual. Maka dari itu kliklah tombol "Komplain", dari tombol komplain ini, Anda akan di bawa ke halaman Pusat Resolusi, di sinilah Tokopedia akan membuka sesi diskusi antara Anda dan Penjual, dimana tokopedia menjadi penengahnya. Dalam diskusi ini Anda bisa mengupload bukti kecacatan barang.



Apabila penjual tidak merespon keluhan Anda dalam 3 hari, maka akan muncul tombol "Bantuan", dengan mengklik tombol bantuan tersebut, maka pihak tokopedia akan meninjau keluhan Anda dan memeriksa komplain dan bukti yang Anda upload, biasanya membutuhkan waktu 3 hari lagi agar  Tokopedia bisa menyimpulkan keputusannya. Apabila bukti yang anda upload benar adanya, maka tokopedia bisa memenangkan Anda sebagai pembeli, apabila belum begitu kuat, kadang butuh 3 hari lagi pihak Tokopedia melakukan peninjauan ulang.

Bila selama 3 hari, pihak tokopedia terkesan mendiamkan, maka perlu untuk mengingatkan adminnya dengan menuliskan keluhan di Fanspage Tokopedia, nanti keluhan akan segera ditanggapi bahkan juga merefound sejumlah dana yang saya minta sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan saat membeli suatu barang di tokopedia.

Untuk pengalaman saya sendiri, saya klik tombol "Bantuan" itu bisa sampai 3 kali, dikarenakan pihak penjual tidak kooperatif dan tidak merespon diskusi di pusat resolusi sampai 3 kali tombol bantuan muncul, rentan waktu yang dibutuhkan agar tombol Bantuan berikutnya muncul lagi adalah 3 hari, jadi butuh sekitar 9 hari, barulah refound dilakukan, dan uang kembali ke saldo akun saya di tokopedia.



Anda telah mebaca artikel tentang cara minta refound apabila barang yang kita beli di tokopedia kondisinya rusak atau tidak berfungsi, atau cara komplain barang rusak di tokopedia, Anda boleh menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan menyertakan link yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Cara komplain barang rusak di tokopedia"

  1. Gan, jika penjual response komplain kita dan dlm diskusi setuju pembeli refund barang dan uang bisa kembali, apakah langsung barang di refund atau si penjual harus konfirmasi dulu di sistem tokopedia bahwa sepakat akan refund? Mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua kesepakatan dan diskusi dipastikan terjadi di dalam Pusat Resolusi ya sis, bukan dikomen bagian produk. nah kalau diskusi dan kspakatannya itu di dalam pusat resolusi udah pasti admin tokopedia juga mantau sis, nah selanjutnya sis mesti krim barang dulu, dan input resi sbg bukti bahwa sis udah krim itu barang, nanti kalau udah sampai penerima, si penerima wajib info juga ke toped, jika tidak diinfokan tapi dalam 2-3 hari untuk waktu normal pengiriman, sis bisa lapor lagi ke toped, krena bisa saja pnjualnya itu lupa atau sibuk jd gk smpat konfirms ke toped kalau barang yg sis return udah sampai,,, nanti toped sndiri yang cek status resinya, kalau terbukti sudah sampai, tpi penjualnya gk info, toped bisa balikin duit sis dalam bntuk saldo, ntr saldo itu bisa dicairkan atau blanja di pnjual yg lain, kurang lebih bgitu sis..

      Hapus
  2. Makasih infonya gan sangat membantu banget ni

    BalasHapus
  3. sy penjual barang sudah dikirim msh dlm proses pengiriman barang ada di palangkaraya, kota tujuan kualakurun kalteng, sudah sy ksh resi pengiriman dr cirebon tapi pembeli tdk sbr komplain barang blm sampai n minta balikin dana di resolusi. . mohon pencerahannya soal.a baru jualan di toped ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dibales aja gan di pusat resolusinya, kan ada admin yang pantau, saya yakin admin toped bijaksana koq,, mengedapnkan musyawarah dan win" solution di kdua belapihak

      Hapus
  4. Min kalau saya sudah konfirmasi. Barang sudah diterima dan transaksi selesai. Tapi setelah barang di coba ternyata rusak bagaimana.... tolong di balas

    BalasHapus
  5. Min kalau saya sudah konfirmasi. Barang sudah diterima dan transaksi selesai. Tapi setelah barang di coba ternyata rusak bagaimana.... tolong di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah smmpe diterima dan transaksi selesai, gak bisa direfound lagi gan, saran kedepannya untuk barang elktronik atau barang yg pluang cacatnya itu msti jgn konfirms barang diterima sblum dites dan dpake 1-2 hari. Untuk kasus agan baiknya diskusi lagi sama penjual, mgkin ada kbjkasanaan dr pnjualnya.

      Hapus
  6. Gan misalnya kalau barang sudah dikonfirmasi dan transaksi selesai. Dan barang setelah dicoba ternyata rusak apakah masih bisa komplain dan bisa dikembalikan.... mohoh segera dibalas..!! Terima kasih

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Gan misalnya kalau barang sudah dikonfirmasi dan transaksi selesai. Dan barang setelah dicoba ternyata rusak apakah masih bisa komplain dan bisa dikembalikan.... mohoh segera dibalas..!! Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah smmpe diterima dan transaksi selesai, gak bisa direfound lagi gan, saran kedepannya untuk barang elktronik atau barang yg pluang cacatnya itu msti jgn konfirms barang diterima sblum dites dan dpake 1-2 hari. Untuk kasus agan baiknya diskusi lagi sama penjual, mgkin ada kbjkasanaan dr pnjualnya.

      Hapus