Cara merakit wifi sendiri

Banyak cara merakit wifi sendiri di rumah agar bisa menjadi hospot wifi. Mulai dari menggunakan modem, smartphone ataupun di tablet hingga menggunakan laptop semua jadi bisa. Untuk menguatkan sinyal wifi juga kadang membutuhkan antena yang bisa kita buat dengan sederhana, murah dengan koneksi cepat. Namun untuk kali ini akan dijelakan cara bikin wifi atau cara memasang jaringan wifi, gratis.
cara merakit jaringan wifi
cara membuat wifi gratis



Menggunakan Modem.
Untuk membuat wifi menggunakan modem, alat yang diperlukan adalah:
-Modem itu sendiri, baik GSM maupun modem CDMA yang penting masih ada koneksi internetnya, akan lebih baik juga kuota internetnya  masih banyak atau paketan baru.
- Laptop/ PC yang ada wifinya, untuk OS sendiri, XP bisa, Win 7, win 8 juga bisa, namun saya akan menjelaskan untuk Os windows 7 namun tak perlu khwatir bila Anda sekarang menggunakan OS selain win 7, karena selama produk windows, bahasa perintahnya cenderung masih sama, jadi disimak aja:

Berikut cara bikin wifinya:
1. Pastikan Wifi/wireless laptop/ PC dalam mode on
2. Lalu colokin modem ke laptop/ Pc, dan koneksikan jaringan internetnya,

cara membuat sinya wifi di rumah
silakan klik Start >> Control panel. (Klik gambar agar terlihat jelas)

cara membuat wifi dari modem
tampilan control panel win 7


2. Liat Kolom pencarian yang terletak disamping pojok kanan atas, ketiklah ADHOC, maka akan muncul tampilan seperti ini: (klik gambar biar jelas kelihatannya :) )
tampilan adhoc di windows 7
3. Jika tampilan adhoc muncul, klik tulisan dibawahnya "set up an ad hoc [computer-to-computer] network, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, selanjutnya Klik Next...
cara merakit wifi dengan modem

4. Setelah menekan tombol next tadi, akan ada muncul kotak isian nama dan tipe proteksi hotspot yang Anda ingin buat. Islilah dengan nama sesuka Anda, contoh dalam hal ini saya menamai dengan jadibisa.com, untuk  bagian proteksi pilh saja authentication (open) yang artinya Anda tidak perlu memberi password, karena toh Anda yang menggunakannya. :) kemudian klik next.
cara membuat jaringan wifi di rumah



5. Setelah next, silahkan mengaktifkan hotspot yang anda buat namanya tadi untuk dijadikan wifi sendiri, dengan mengklik Turn on Internet connection sharing setelah itu, klik close.

cara membuat sinyal wifi

6. Nah, sampai di sini anda sudah berhasil membuat wifi sendiri di laptop tanpa software dan bisa menjadi hotspot yang bisa disambungkan ke smartphone, tablet, ataupun laptop yang lain di rumah Anda, itu selama fitur wifinya ada di dimasing-masin gadget. Untuk mengetahui apakah benar settingan wifi dari modem sudah ada, maka silahkan klik icon wifiyang ada di laptop/pc Anda, maka akan muncul nama yang anda buat tai, seperti saya, jabisa.com.
cara menghidupkan wifi di laptop

namun jika malah muncul  tulisan windows could not set up jadibisa.com, berarti anda belum mengaktifkan wifi.


Kalau udah mengaktifkan wifi dan sudah muncul nama yang Anda buat, tapi ternyata tidak bisa digunakan, cek mungkin sinyal dari operator ke modemnya sedang lemah, atau anda belum memperpanjang paket Anda yang sudah terpakai banyak sebelumnya, dan kalaupun memang baru beli paket dan wifinya tidak bisa digunakan mungkin Anda kejauhan dari jarak laptop yang anda jadikan hotspot, paling gak jarak maksimal yang butuhkan untuk menikmati sinyal kuat wifi ini adalah tidak lebih dari 5 meter. Kalau ingin lebih dari 5 mter atau 30 kaki, maka Anda perlu membuat antena penangkap sinyal wifi.

Namun jarak ini bukanlah hal yang pasti, Andalah yang semestinya testing jarak, baiknya untuk testing pertama cobalah di samping laptop.

Ingat, penyebab wifi tidak berfungsi adalah:

-Dalam mengikuti tutorial ini, Anda tidak menggunakan OS windows, bahkan windows 7.
- Modem anda sedang tidak memiliki paket internet dan kalaupun ada, mugnkin sudah lemah.
- Laptop anda memang tidak ada wifinya dari sejak pembelian.

Tips cara mengaktifkan wifi di laptop/ Pc windows 7 agar bisa mengikuti tutorial di atas dengan benar,
Untuk laptop/pc yang memang dari awal ada fitur wifinya, cara mengaktifkan wifinya  melalui Klik Start>>Control panel>>Windows mobility center, atau dengan cara seperti mencari adhoc di atas, yakni dengan klik Start>>Cntrol panel>> lalu pada kolom pencarian ketik saja windows mobility center, maka muncul tampilan seperti di bawah ini:

mengaktifkan wifi smartphone


Klik aja tulisan Turn wireless on untuk mengaktifkan wifinya, dan silahkan nikmati tutorialnya.

Anda telah mebaca artikel tentang cara merakit wifi, Anda boleh menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan menyertakan link yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara merakit wifi sendiri"

Posting Komentar