Cara mendapatkan kualitas tidur yang baik

http://www.jadibisa.com
Sangat penting sekali untuk meraih kualitas tidur yang baik. Karena imbasnya pada kemampuan dan efektifitas otak dalam berpikir. Banyak cara mendapatkan kualitas tidur yang baik, dan sebenarnya mudah untuk dilakukan, hanya dibutuhkan kemauan dan keperhatinan terhadap kesehatan Anda sendiri. Simak kiat-kiat di bawah ini agar tidur Anda berkualitas:

1. Jauhkan diri Anda dari pil tidur.


http://www.jadibisa.com
Memang tawaran iklan untuk mengkonsumsi obat tidur atau pil tidur begitu kuat, karena berbagai macam produk saat ini mengklaim bahwa racikannya dari herbal. Bagaimanapun bahannya, Setidaknya jangan sampai Anda ketergantungan dengan pil tidur, tekankan mulai malam ini Anda akan menghindarinya, dan tidak ada lagi kata-kata pil terakhir malam ini. Hanya cukup dengan mencium wangi aroma bunga lavender sebelum tidur atau setelah mandi akan membuat Anda lebih mudah untuk tidur dengan rileks.




2. Berhenti meminum kafein setelah makan siang.



http://www.jadibisa.com

Tidak ada seorangpun yang akan lebih nyenyak tidurnya selain orang yang tidak minum kafein di siang harinya. Maka untuk alasan kebiasaan, cukup dengan mengkonsumsi pagi hari saja, karena ilmiahnya kafein adalah stimulan yang meningkatkan produksi adrenalin dan memblokir bahan kimia yang berfungsi menginduksi tidur di otak. Kafein bertahan didalam tubuh Anda sekitar 6,5 jam yang berarti dibutuhkan 24 jam penuh untuk otak hilang dari pengaruh kafein.


3. Bangun tidur yang konsisten



http://www.jadibisa.com

Konsistensi akan  membuat ritme sirkulasi tidur Anda teratur. Bila Anda tidak memiliki waktu bangun yang konsisten, otak Anda tidak akan mampu refleks utuk memberikan persiapan bagi Anda untuk merasa beristirahat dan waspada saat sudah waktu bangun Anda. Kira-kira satu jam sebelum Anda bangun, kadar hormon meningkat secara bertahap bersama dengan suhu tubuh dan tekanan darah, maka otomastis akan terbangun tanpa rasa berat dan perasaan yang mengganggu.

4. Pelajari berapa banyak waktu Anda untuk tidur


http://www.jadibisa.com
Ketika mampu memperkirakan banyaknya waktu tidur Anda dengan waktu aktivitas Anda. Sampai di sini Anda dapat memberikan keputusan untuk diri Anda mengenai keseimbangan waktu dan aktivitas. Ambilah beberapa waktu untuk memikirkannya, dan ambilah suatu kesimpulan, sampai mana Anda bisa menyeimbangkannya, lalu konsistensilah untuk menjaga kesimbangan tersebut. Ini penting!!

5.Berhenti beraktivitas di tengah malam.

http://www.jadibisa.com
Beraktivitas saat Anda harus santai dalam persiapan untuk tidur, adalah hal yang terbesar menghalangi kualitas tidur di era digital saat ini. Survei terbaru menunjukkan bahwa sekitar 60% dari orang memantau smartphone mereka untuk email pekerjaan, presentasi, dan mantan di jejaring sosial hingga mereka benar-benar terlelap tidur. Matikan data connectioan atau mengaktifkan airplane mode merupakan cara yang bagus untuk menghindari beraktivitas tambahan di tengah malam, sehingga dapat bersantai dan mempersiapkan diri untuk tidur. Pastikan pekerjaan selesai siang harinya, kerahkan tenaga di siang hari agar tidak ada lagi tenaga untuk melakukan pekerjaan sebelum tidur. Memang, ini adalah pilihan sulit, tapi tidak akan sulit jika Anda benar-benar ingin kualitas tidur yang baik.

6. Menghilangkan gangguan saat tidur

http://www.jadibisa.com

Disaat Anda sedang ingin tidur yang nyaman Anda harus bisa menghilangkan gangguan yang terjadi ketika Anda sedang tertidu dengan cara (contohnya) menon-aktifkan Handhpone dan alat yang bisa membuat Anda terbangun saat tidur, memastikan pintu dan jendela telah terkunci,  settingan alarm,air keran tidak lagi berjalan, cahaya lampu yang mendukung, bahkan sampai lubang tikus telah ditutup rapat.

7. Bila Semuanya tak Berhasil, Ambil Tidur siang


http://www.jadibisa.com
Salah satu puncak terbesar dalam produksi melatonin terjadi selama 1:00-03:00 kerangka waktu, yang menjelaskan mengapa sebagian orang merasa mengantuk di sore hari. Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur di malam hari, Anda mungkin akan merasakan keinginan yang besar untuk tidur di sore hari. Ketika ini terjadi, Anda lebih baik mengambil tidur siang singkat (bahkan sesingkat 15 menit) dibandingkan beralih ke kafein untuk membuat Anda terjaga. Manfaat tidur siang yang singkat akan memberikan sisa yang Anda butuhkan untuk melewati sisa sore hari, dan Anda akan tidur lebih baik di malam hari dari pada jika Anda minum kafein atau mengambil siang yang panjang.

http://www.jadibisa.com

Nah itulah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, yang nantinya akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih produktif dalam karir Anda. Karena kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kualitas produktivitas tingkat bekerja dan aktivitas Anda.

Baca juga: Pengaruh tidur terhadap karir Anda

Anda telah mebaca artikel tentang cara mendapatkan kualitas tidur yang baik , Anda boleh menyebarkan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan menyertakan link yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mendapatkan kualitas tidur yang baik"

Posting Komentar