Cara Mendapatkan Uang di Zaman Now | CEPAT dan BANYAK

loading...
Cara mendapatkan uang di zaman Now. | Sebenarnya artikel ini awalnya telah ditulis pada tahun 2011. Cuma karena butuh pembaruan yang lebih banyak, jadinya topik ini kembali ditulis ulang dengan struktur yang lebih lengkap dari sebelumnya. Maka untuk Anda yang telah mengunjungi artikel ini sebelumnya dengan link yang berbeda, lalu didapati halaman kosong. Maka inilah penggantinya.

Pembahasan ini dibuat untuk Anda yang saat ini sedang menganggur dan sedang mencari-cari kerjaan. Namun tidak tertutup juga untuk Anda yang sudah bekerja dan ingin menambah penghasilan di luar kerjaan utama.

cara mendapatkan uang

Ada banyak cara mencari uang di dunia ini. Banyak sekali, Anda juga pasti tahu, baik secara halal maupun haram, cepat atau lambat. Di bawah ini akan dibahas cara yang paling real/ nyata orang lakukan dan menghasilkan, terutama di wilayah perkotaan. Selanjutnya, sepenuhnya kembali ke pilihan Anda sendiri yang akan menentukan apakah cocok atau tidak. Cocok-cocokan memang penting untuk memberikan rasa nyaman dalam mencari uang. Namun, lebih penting adalah segera mencocokan diri dengan cara mencari uang yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Buang gengsi adalah langkah pertama yang tepat dalam mencari uang. Lupakan sementara atau selamanya gaya hidup. Intinya dapat uang dan itu Halal.

Mohon maaf untuk Anda yang ingin mendapatkan uang yang instan atau mungkin dengan cara yang haram. Sepertinya tulisan ini tidak cocok untuk Anda, dan sebaiknya Anda baca topik yang lainnya saja dari blog ini. Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dengan cara yang nyata, halal dan mau sedikit berproses. Mari kita lanjut pembahasannya.

Cara Mendapatkan Uang di Zaman Now
Bag. 1


Kita mulai pembahasan dari cara konvensional dengan berapa modal. Modal dalam hal ini tidak serta merta diartikan lembaran uang, namun juga perangkat-perangkat terdekat yang ada di sekitar Anda.  Bisa juga kemampuan, kerajinan, kejujuran, dan sebagainya yang  Anda miliki.

Cara mendapatkan Uang lewat Jasa Transportasi


Diasumsikan bahwa Anda saat ini bisa mengendarai dan memiliki kendaraan yang masih layak digunakan. Namun bila belum memiliki kendaraan, coba buka pikiran,  percaya diri, muka tebal, dan nekat sedikit saja dari rasa sikap yang Anda miliki saat ini. Cobalah ikhtiar untuk mencoba menemui kawan atau saudara yang kendaraannya tidak terlalu sering dipakai. PINJAM, SEWA atau Kerjasama BAGI HASIL!!! Datangi dengan sikap yang menunjukkan jiwa kesiapan bertanggung jawab dan jujur.

Ojek Online

  • Motor
Awalnya, pekerjaan ini hanya diburu oleh kaum Adam. Seiring perjalanan waktu, ternyata system juga memberlakukan Driver Ojek Online untuk wanita. Respon masyarakat terhadap jasa ini sangat luar biasa. Mental Gengsi untuk bidang ini sudah tidak berlaku lagi. Karena, pada kenyataanya yang mengikuti aktivitas ini juga berasal dari orang-orang kelas menengah. Mereka sadar akan kemudahan omset yang diperoleh dan mobilitas yang tidak begitu terikat seperti menjadi karyawan. Tidak perlu banyak hapal jalan, hanya mengerti aplikasi Map/ google map saja. Selebihnya, penumpang yang akan mengarahkan.


  • Mobil
Ini tidak perlu dipertanyakan lagi tentang bagaiamana respon masyarakat, terutama di Kota. Hanya dengan beroperasi 2-3 hari saja, ratusan hingga jutaan sudah bisa dikantongi. Apalagi konsisten setiap hari selama 1 bulan. Orang yang notabene kelas menengah kebawah saja ada yang berani. Banyak kisah yang terdengar, bahwa hanya dengan DP 10 jutaan untuk untuk mobil baru/ second yang digunakan untuk mengikuti driver online ini, dan cicilan mobilpun tertutup dengan hasilnya. Sampai tulisan ini di buat, teman saya telah membuktikannya.


  • Ojek Panggilan/ Langganan
Marketnya adalah Orang-orang di sekitar tempat Anda tinggal. Atau bisa pelanggan di area terjangkau, yang pernah Anda tumpangi sebelumnya. Jangan malu untuk tukaran/ Bagiin  kontak. Siapa tahu Saat Anda menuggu orderan, pelanggan Anda membutuhkan Anda. Semakin banyak pelanggan semakin baik.


  • Pengantar Barang
Ini untuk Anda para pendatang baru, yang mungkin belum percaya diri membawa penumpang dengan ukuran badan yang besar. Ataukah mungkin belum percaya diri dengan lokasi, sehingga khawatir diomelin karena salah jalan? Ya sudah, Anda gabung saja menjadi jasa pengantar barang/ makanan, seperti Gosend, Grabfood, Mitra Expedisi, Kurir Perkantoran. Samblan memahami jalan perkotaan.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ini semua bisa orang lakukan. Anda bisa melakukannya dengan berawal jadi Kuli bangungan, Kuli barang, Penyebar brosur, Jual koran, pengamen,  tim penyapu jalanan, penjaga stan, jaga toko, warteg dan serabutan lainnya juga bisa.  Yang penting bisa Nabung dikit-dikit agar bisa beli Smartphone tambahan dengan minimal RAM 2GB. Syukur-syukur bisa beli motor second, yang nyaman, bisa di bawa kemana-mana, gak perlu bagus dan modal tabungan minimal 500rb. Untuk apa smartphone tambahan? Tidak lain tidak bukan modal untuk menemukan cara mendapatkan uang dari Internet. 

  • Menjual Kerajinan Tangan yang dipelajari dari Youtube


Bila masih mengaku tidak punya keahlian, atau darah seni. Itu sungguh sudah tidak relevan lagi untuk Zaman Now. Nyatanya, banyak di luaran sana yang betah berkerja atau melakukan sesuatu yang tidak ada sama sekali hubungannya dengan basic, minat dan jiwa yang sesungguhnya. Jika memang ada basic, sekali lagi itu hanya sekedar membantu sekian persen. Puluhan persen lainnya adalah Telaten dalam menjalankannya.

Kerajinan tangan sedikit pesaing, yang menang adalah yang unik dan bermanfaat.

Stop dulu berpikir tentang modal belasan, puluhan atau ratusan juta. Sebaiknya, Awali dengan langkah kecil saja. Jika memang belum punya paket data, Anda hanya perlu ke warnet, buka youtube, ketik judul di kolom pencarian: how to making,, bla,,bla,,bla atau cara membuat bla..bla..bla. Download videonya simpan di HP. Jangan segan minta tolong ke Operator Warnet agar dibantu cara download. Youtube saat ini menyediakan  cara bikin apa saja, hampir ada semua di sana. Dari cara bikin anak sampai cara bikin pulau.

Tidak usah muluk-muluk, Pilih saja tutorial kerajinan tangan yang menarik hati Anda sendiri dengan bahan yang murah meriah. Misalnya, "cara membuat gelang cantik" atau cincin couple Ikuti tutorialnya. Bikin sampai 3-5 hasil karya. Lalu gabung, dan upload ke Instgram,  Group jual beli facebook, OLX, Tokopedia, Bukalapak, dan Website MarketPlace lainnya.

Tips: Jangan dulu gunakan Sosial media terlalu banyak, Gunakan 2-3 saja cukup, Misalnya Group Facebook dan Instagram saja. Yang penting Anda konsisten update iklan "Setiap Hari", syukur-syukur di setiap jam-jamnya orang lagi banyak Online. Misalnya, Jam 9-10an pagi, jam 12 hingga jam 1 siang, Jam 4-6 sore, dan 8 hingga jam 10 malam. Rajinlah update iklan di jam-jam tersebut.

Bila tidak ingin repot dan kebetulan punya modal, ya gunakan iklan berbayar. Sepeti FB ads, Slot iklan OLX, atau endorse orang terkenal di wilayah Anda, Gak usah artis.

Untuk awal, usahakan ambil untung sedikit saja. Untuk melihat respon. barulah naikan harga ke lebih tinggi bila respon dan peminatnya memang banyak. Sembari menunggu pembeli, Anda bisa kembali kerja freelance, atau kerja serabutan semampu Anda, agar dapur ngebul terus.


  • Jual Barang yang Tidak Terpakai, Jadikan Modal

Lagi-lagi, Anda harus berhubungan lagi dengan OLX atau group jual beli agar mendapatkan tambahan modal untuk membuat karya tangan Anda sendiri yang telah dipelajari sebelumnya di youtube. Jual barang kesayangan, atau barang bekas yang masih layak pakai. Dapat modal, lansung beliin bahan-bahan. Berkorbanlah sedikit, dan positif thinking bahwa barang kesayangan Anda yang Anda jual sekarang, suatu saat nanti akan Anda bisa beli kembali.

Puncak dari alur aktivitas ini adalah Anda percaya diri untuk merekrut 1-2 orang dari saudara dekat, kerabat dekat, atau teman untuk ikut join sebagai tenaga produksi. Entah Anda mau pakai sistem gaji atau bagi hasil, atau freelance, terserah Anda. Ini meningkatkan faktor kali. Syukur-syukur nanti bisa ekspor.

Kalau sudah berjalan sampai pada level ini, barulah Anda PANTAS memikirkan sumber modal  kisaran  puluhan hingga ratusan juta.

  • Menjual lewat Website/ blog Pribadi

Anda tidak perlu pusing dengan pembuatan website. Website sangat bagus untuk Anda yang menjual hasil karya tangan sendiri, terlebih hasil karya tersebut tidak banyak yang jual. Di google banyak penyedia jasa pembuatan website, Satelitweb.com misalnya. Selain membuatkan website, Tim satelitweb sangat antusias untuk mengedukasi pelaku UKM hingga bisa mengerti cara jualan melalui website dan menggunakannya.

Ada dua jenis website yang bisa Anda gunakan untuk berjualan, yakni TokoOnline Profesional dan blog (custom domain) dan toko online profesioanal. Blog (custome domain) adalah website yang berasal dari penyedia blog  gratisan yang kemudian nama domain/ alamatnyanya diganti dengan nama produk Anda. Yang paling banyak digunakan adalah www.blogger.com .

Anda pernah lihat website dengan ujung nama domain/ alamatnya blogspot.com? misalnya, pusathostingdomain.blogspot.co.id. Intinya wesbite yang namanya  ada blogspot gitu,, itu adalah blog gratisan. Untuk menjadikannya blog yang terlihat seperti tokoonline beneran, Anda harus melakukan custome domain dan ganti template.

Banyak tutorial cara membuat website melalui blogspot/ custom domain

Jika ingin melakukannya sendiri, Anda hanya mencari domain murah lalu pelajari cara custome domain. Bila merasa ribet, Hubungi tim jasa pembuatan website untuk melakukannya, mereka akan mengubah tampilan dan nama domainnya menjadi .com, misalnya gelangkaret.com  Anda nanti tinggal upload gambar produknya saja. Kisaran harga  jasa custome domain adalah 300-500rb, itu sudah termasuk domain.

Setelah membuat website, Anda segara promosikan website Anda kemana-mana. Di facebook, instagram, twiter, atau forum-forum internet, seperti forum.liputan6.com atau KASKUS. Ada banyak tempat mempromosikan website. Bila Anda merasa lelah, tapi mempunya modal untuk iklan dan ingin menyingkat waktu, Anda bisa mencari jasa optimasi atau jasa digital marketing agar website  Anda berada di halaman pertama pencarian google. Kisaran harga standar nya 3-5 jutaan, namun akan berbanding lurus koq dengan penjualan Anda nantinya.

Itulah yang sedang asik di jalankan oleh orang zaman Now, apapun latar belakang pendidikannya, semuanya bisa.

  • Reseller Barang-Barang Kecil


Ini untuk menambah aktivitas saja selain Anda menjual hasil karya tangan sendiri. Atau ingin fokus pindah ke jualan barang jadi. Jadilah Reseller. Aktivitas ini paling banyak dilakukan oleh para pedagang-pedagang amatiran sebelum mereka menjadi pedagang besar. Diasumsikan bahwa Anda saat ini sudah memiliki tabungan dari hasil dari penjualan karya tangan Anda sendiri. Paling tidak 500rb hingga 2 juta.

Dengan hasil tersebut, tahanlah diri Anda untuk tidak membeli barang konsumtif atau gaya hidup. Sebaiknya Anda putar kembali dengan membeli barang jadi lewat suplier yang ada di Marketplace seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak. Stok barang yang lagi ngetrend (Top List) dengan kriteria; beratnya kecil dan muat banyak dalam sakali paket pengiriman standar (1Kg), harga jualnya 30-50rb, dan tidak banyak dijual di pasar malam dengan harga yang sama. Untuk awal titik fokusnya adalah Anda menjual jasa pengiriman (COD). Bukan untung dari menaikan harga. Anggota Group Facebook suka dengan sistem COD.

Anda jualnya di OLX, group jual beli Facebook, dengan target market di wilayah yang terjangkau untuk Anda antar. OLX yang dulunya tokobagus, sudah sangat familiar. Orang yang memiliki facebook, kebanyakan ikutan group jual beli. Group Jual beli di Facebook itu sangat ramai. Anda ambil untung lewat  layanan pesan antar saja. Orang yang terbiasa membeli dari marketplace pasti sudah tahu bahwa lama pengiriman sekitar 2-3 hari.

Orang sibuk kadang rela beli lebih mahal, asal cepat sampai

Nah, Anda hadir untuk menyingkat itu semua dengan harga yang sama melalui OLX atau Group Jual beli di Facebook. Dari pelanggan itu Anda mendapatkan kontak Whatsapp, dan bisa mempromosikan Kualitas Pelayanan Anda melalui produk lain beriktunya. Ini bagus bila nanti Anda punya Fanspage atau website, merekalah yang pertama akan mengisi testimonial dan merekomendasikan orang lain untuk membeli di tempat Anda.

Bila Anda ragu untu mendatangkan barang (stok barang). Anda bisa coba upload terlebih dahulu barang yang ingin Anda jual di group facebook atau OLX, dengan harga pasaran di marketplace lainnya, lebih murah lebih bagus. Nanti bila ada respon yang baik, barulah beberapa hari kemudian Anda jual dan stok beneran.

Hanya saja, semangatnya jualan coba-coba itu berbeda kekuatannya dengan yang benar-benar stok barang. Dengan stok barang, Anda bisa jauh lebih rajin 10x lipat upload/pasang iklan. Karena ada target di depan mata. Beda kalau sekedar coba-coba, tidak ada beban pendorong. Ujung-ujungnya tergantung Mod.

Stok barang itu lebih greget, lebi menantang.

Stok barang yang lagi trend harus segera, itulah strategi agar modal berputar terus. Jangan sampai menunda hingga lewat berminggu-minggu. Karena yang namanya produk ngetrend/ musiman itu bertahan 1-3 bulan saja. Setelah itu, penjual semakin banyak, pasar lesu, dan harga terjun bebas, pada akhirnya trend berganti dan Anda harus menyiapkan modal untuk jualan produk lainnya lagi. Puncak emas dari alur aktivitas ini adalah Anda berhasrat untuk bisa menguasai cara import barang sendiri, dan mengelola reseller-reseller baru.

Cara Mendapatkan Uang di Zaman Now
Bag. 2

Cara Mendapatkan Uang Melalui Dropshiper

Dropshiper adalah bentuk kerjasa sama antara pemilik barang dengan Anda yang ikut menjual barangnya. Anda membantu menjual secara Online melalui Facebook, Instagram, website marketplace atau website sendiri,dengan harga yang semampu Anda ubah agar mendapatkan untung, dan pemilik barang akan mengurus pengirimannya atas nama Anda, seolah-olah Anda yang memiliki barang.

Ilustrasinya  kurang lebih seperi ini, ada pelanggan yang berhasil  Anda buat percaya kepada layanan Anda, yang berminat dengan produk yang Anda iklankan dengan harga yang  Anda tentukan sendiri, kemudian dia transfer ke Anda, baru kemudian Anda transfer ke pemilik barang dengan harga aslinya, kemudian pemilik barang akan mengirimkan ke pelanggan Anda.

Minta dan simpan selalu testimonial, untuk membangun kepercayaan lebih dalam lagi.

Aktivitas ini sedang hangat-hangatnya dilakukan zaman now. Pemilik barang biasanya berasal dari tokopedia, bukalapak, Shopee dan website lainnya. Anda hanya perlu jadi member tokopedia, ambil gambar produk yang ingin Anda jual, lalu upload ke website Anda sendiri atau iklankan di OLX, Facebook dan lain-lain.

Cara Mendapatkan Uang dengan manjadi Youtuber


Lupakan dulu kamera bagus. Yang penting adalah tentang isi video, cuplikan apa yang ingin Anda bagi. Kadang seburuk apapun kualitas tampilan videonya, selalu saja ada pentontonnya. Mulai dari video lucu yang pernah terekam 5 tahun lalu dengan kualitas Video masih VGA, hingga video selfi/ vlog gak jelas seperti sekarang. Percayalah, Ada saja yang nonton. Minimal membuat orang nyengir, syukur-syukur tercengang, atau tertawa terbahak-bahak.


Bila sudah seperti itu, tunggulah masa waktunya Anda Panen Rupiah, 1-2 bulan. Semakin Banyak Video yang Anda upload, semakin banyak subcriber dan viewer yang Anda peroleh, dan iklan google akan mendarat di sana. Pada akhirnya, cepat dan banyak juga uang yang Anda dapatkan.


  • Upload ulang
Menjadi Youtuber tidak harus membuat video Vlog, narsi-narsisan, ganteng-gantengin diri, imut-imutin diri, kunjungi ini itu. Tidak harus!! Mulailah dengan upload ulang video orang dengan tema kompilasi. Download 5-10 video yang serupa, lalu gabungin menjadi video slide. Contohnya seperti On The Spot.

Jika tidak bisa mengisi suara, pakai tulisan teks juga bisa. Untuk membuatnya, Pelajari dan Gunakan aplikasi VideoPad.
Jika mampu menjelaskan melalui suara, pakai headset handphone juga tidak salah. Jika ada modal, cobalah dengan Mic Condenser portable, merk samson misalnya. Itu terdengar lebih pro, dan pendengar lebih puas.

  • Upload Video Buatan Sendiri

Ini lebih baik, dan disukai google. Mulailah dengan rekaman video yang sederhana, hasil rekaman video sendiri yang memiliki kesan hiburan atau pencerahaan. Seperti Video lalat, kucing, atau kecoa yang sedang kawin. Bisa juga Review barang yang beberapa minggu atau bulan yang lalu Anda beli. Jelaskan saja fungsi dan cara pakainya. Atau video bermanfaat lainnya. 

Karena yang tidak bermanfaat saja ada yang nonton, apalagi bermanfaat.


Cara Mendapatkan Uang melalui Blog

Ini bukan jualan, melainkan membuat informasi/ artikel. Walaupun orang zaman Now sedang demam dengan youtube. Mereka juga tidak melupakan bagaimana nikmatnya membaca. Anda buat blog gratisan atau custome domain, lalu isi dengan artikel. Artikel cari di Kaskus, Hipwe, Wikihow dan lain-lain. Intinya jika menemukan artikel yang Anda sendiri penasaran untuk Baca, maka pindahkan artikel itu ke blog Anda, dan ubahlah sesuai dengan gaya penulisan Anda. Hindari 100% copy paste, nanti yang punya artikel tau, dan lapor ke google, Lama-lama kalau banyak yang lapor, Blog Anda bisa hilang dari peredaran.

Copy paste memang enak, tapi itu kurang baik dan kurang berkah :D

 Jangan bilang tidak bisa buat kata-kata, sementara Anda punya facebook, dan di sana hampir tiap hari, tiap jam, Anda bikin status. Sebenarnya Anda hanya pindahkan isi hati Anda yang sedang ngomel-ngomel sendiri dengan rasa ingin menyampaikan. Anda butuh artikel pendukung saja dari milik orang lain untuk merapikannya.

Misalnya saat ini Anda sedang mengeluhkan jam tidur Anda yang tidak teratur. Yasudah cari artikelnya, pahami lalu tulis ulang. simple kan? Tapi sadarilah hal ini bahwa khusus artikel panjang dan bagus, setidaknya  butuh 3-4 hari untuk menyelesaikannya. Namun, percayalah, Pembaca Anda sengan, google senang, visitor senang, dan orang yang ingin pasang iklan di Blog Anda juga akan senang. Pada akhirnya Anda juga ikut senang.

Demikian pembahasan kali ini tentang Cara mendapatkan Uang di Zama Now. Bila Nanti Anda inspirasi lagi tentang ide yang nyata. Maka nanti akan di update, agar selalu bermanfaat di setiap zaman.

Terimakasih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mendapatkan Uang di Zaman Now | CEPAT dan BANYAK"

Posting Komentar